Tentang Sekolah Pah Tsung

Sekolah Pah Tsung pertama kali didirikan pada masa penjajahan Jepang karena melihat banyak anak-anak dan remaja yang tidak bersekolah saat itu. Setelah Indonesia merdeka, sekitar tahun 1947 ada sekelompok orang keturunan Tionghoa yang berinisiatif mendirikan sekolah. Sebuah sekolah menengah dibuka di mana mayoritas siswa adalah keturunan Cina dengan nama Pah Tsung. Ini berasal dari kata Pah Tsen yang berarti Batavia dan Tsung Sio yang berarti Sekolah Menengah Pertama yang berarti Sekolah Menengah yang terletak di wilayah Batavia.

Kemudian ketika Batavia berganti nama menjadi Jakarta, sekolah tersebut juga berubah nama menjadi Ya Tsung yang artinya Sekolah Menengah Pertama di wilayah Jakarta. Karena mayoritas siswanya adalah keturunan ras Tionghoa Hoa, maka bahasa yang digunakan adalah bahasa Mandarin.

Pada masa Orde Baru, bahasa Mandarin dianggap sebagai ancaman bagi pemerintah, sehingga pada tahun 1966 sekolah-sekolah terpaksa ditutup dan semua kegiatan belajar mengajar dihentikan.

Sekitar 2000 alumni Sekolah Pah Tsung berkumpul kembali dengan wacana ingin membangun kembali almamaternya dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan dengan membangun sekolah nonkomersial yang unggul. Segala bentuk upaya dan upaya telah dilakukan agar sekitar tahun 2007 para alumni serius melakukan berbagai persiapan untuk membuka sekolah. Pada tahun 2009, gedung Sekolah Pah Tsung dibangun di Kompleks Taman Kota blok A4, Cengkareng, Jakarta Barat. Sekolah Pah Tsung mendapat dukungan penuh dari para alumni di bawah sebuah yayasan bernama Yayasan Panca Cemerlang. Yayasan ini merupakan lembaga yang menyelenggarakan dan mengelola, menciptakan konsep, visi, misi dan strategi pendidikan serta arah kerja sekolah.

Sekolah Pah Tsung didirikan kembali pada Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan membuka jenjang mulai dari Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) kelas 1. Basis. (SD) kelas 4. Pada tahun pelajaran 2014/2015 dilanjutkan ke kelas 5 Sekolah Dasar (SD).

Untuk Tahun Pelajaran 2015/2016, selain melanjutkan pembukaan hingga kelas 6 Sekolah Dasar (SD), Sekolah Pah Tsung juga telah diperluas untuk membuka Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kemudian pada tahun ajaran 2018/2019, sekolah Pah Tsung dikembangkan dengan membuka tingkat SMA, yang membuka 2 kelas langsung yaitu kelas 10 IPA dan kelas 10 IPS.